Halaman

Jumat, 06 Agustus 2010

Cara Install Netbeans di Ubuntu

Java adalah bahasa pemrogramman yang paling populer di era sekarang.
Salah satu alasannya karena jika kita membuat aplikasi dengan java akan dapat berjalan di semua mesin. Teknologi java juga mempunyai range yang cukup luas. Dari aplikasi desktop, aplikasi berbasis web maupun aplikasi untuk mobile. Sebagai developer java, maka wajib untuk mempunyai editor dalam membangun aplikasinya(kalau mampu dengan memakai notepad sih juga tidak apa apa .. he he ). Salah satu editor yang lazim di gunakan adalah Netbeans.Netbeans adalah salah satu IDE(Integrated Development Enviroments) yang user friendly.
Selain untuk koding java Netbeans juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis PHP ataupun HTML, namun lazimnya digunakan untuk develop java aplication. Berikut ini adalah cara menginstall Netbeans :
1. Sebelum install Netbeans kita harus menginstall Java Development Kit dulu disini juga. (berfungsi untuk menjalankan program java dan mengkompilenya)
2. Download installler nya disini. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan Operating System anda.
3. Jika anda memakai ubuntu bisa langsung install dengan mengetik sudo apt-get install netbeans pada terminal (tentunya harus terkoneksi dengan internet atau punya repository lokal).
4. Untuk windows setelah selesai di download installernya bisa langsung di doubleklick dan next next next seperti menginstall program lainnya. he he
5. Untuk linux (dalam hal ini saya memakai ubuntu 10.04) harus kita beri hak akses dulu. Caranya dengan mengetikkan sudo chmod 777 netbeans-6.9-ml-linux.sh
6. Setelah itu bisa di double klick dan pilih run in terminal.

Biarkan proses berjalan dan seperti biasa next next next he he. Nah itulah step by step menginstall netbeans. Selanjutnya selamat coding dengan java. Semoga bisa membantu.

Tidak ada komentar: